----- SATUAN POLISI PAMONG PRAJA (SATPOL PP) KOTA TARAKAN, Alamat : Jalan Halmahera depan taman oval 1 ladang telp. / fax : (0551) 32492 Kel. Pamusian Kecamatan Tarakan Tengah, KOTA TARAKAN - KALIMANTAN UTARA (kodepos 77121). EMAIL : polppkotatarakan@gmail.com -----

Cari Blog Ini

Kamis, 27 Januari 2011

2011 MENUJU TARAKAN WISATA KULINER




Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Drs. Aleksandra MSi mengatakan untuk bisa menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang memperindah pemandangan wajah kota di sepanjang jalan, Disperindagkop punya jurus jitu. Salah satu cara yang rencananya sudah akan dimulai 2011 ini  membuat satu jalan di luar jalan utama sebagai jalan khusus wisata kuliner.
“Kalau PKL bisa kita tata rapi dengan memanfaatkan kelebihan dari jenis makanan yang disuguhkan,” ujar Aleksandra. Ditambah lagi dengan Tarakan yang dijadikan sebagai tempat transit menuju kota besar lainnya, Tarakan yang memiliki Bandara hampir sekelas internasional dan menjadi pelayanan jasa sangat diminati kemudian juga dijadikan salah satu alasan Disperindagkop menjadikan Tarakan sebagai kota wisata kuliner.
“Tarakan ini kota transit dari berbagai wilayah di Utara Kaltim. Orang dari Malaysia saja banyak yang singgah ke Tarakan. Momen itulah yang jadi salah satu alasan kita untuk menjadikan Tarakan menjadi kota wisata kuliner,” imbuhnya.
Di Tahun 2011 ini juga kota wisata kuliner ini akan diwujudkan dengan alokasi anggaran melalui APBD Tarakan sebesar Rp.750 juta.
“Anggaran saya kira tidak perlu besar, kan kita hanya menyediakan tempat yang terlihat seperti tradisional dengan jalan yang kita tentukan, tetapi tertata rapi tentunya supaya tidak kelihatan kumuh,” jelas Alek lagi.
Kegiatan program wisata kuliner ini rencananya akan berlokasi di Jalan Ki Hajar Dewantara Kelurahan Karang Balik dengan member-dayakan semua PKL yang berada di jalan-jalan tengah kota.

“Nanti akan kita data semua PKL yang berada di tengah kota, lalu akan kita alihkan ke jalan wisata kuliner yang sudah kita sediakan, tetapi untuk tempat yang kita sediakan ini akan tetap kita tarik retribusi sebagai pendapatan daerah.
Makanan yang akan dijual pun diharapkan Aleksandra merupakan makanan khas Tarakan sehingga selain memperkenalkan Tarakan sebagai Kota Wisata Kuliner juga membuat salah satu makanan Tarakan sebagai ikon terpenting untuk membawa nama Tarakan,” imbuhnya. (saf)

SUMBER KUTIPAN (kecuali gambar ilustrasi) :
KORANKALTIM.CO.ID - RABU, 26 JANUARI 2011



SATPOL PP KOTA TARAKAN

0 KOMENTAR ANDA:

BERITA SATPOL PP KOTA TARAKAN ..............

PERSEMBAHAN: BLOG SATPOL PP KOTA TARAKAN