----- SATUAN POLISI PAMONG PRAJA (SATPOL PP) KOTA TARAKAN, Alamat : Jalan Halmahera depan taman oval 1 ladang telp. / fax : (0551) 32492 Kel. Pamusian Kecamatan Tarakan Tengah, KOTA TARAKAN - KALIMANTAN UTARA (kodepos 77121). EMAIL : polppkotatarakan@gmail.com -----

Cari Blog Ini

Jumat, 27 September 2013

16 JAM API BARU DINYATAKAN PADAM

 


#POLPPTARAKAN_INFO : Api yang melahap toko Metro Jaya di jalan Yos Sudarso pada Kamis (26/9) kemarin, ternyata belum “jinak”. Hingga Jumat (27/9) dinihari kemarin, sejumlah titik-titik api masih menyala dan mengeluarkan kepulan asap.

Dari pantauan wartawan koran ini, dua mobil pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tarakan dibantu polisi tetap disiagakan hingga kemarin siang di lokasi kebakaran.

Api yang berkobar tersebut membakar sisa-sisa barang material dari toko yang berusia 35 tahun ini. Kondisi tersebut sempat membuat warga geger dan mengira ada kebakaran lagi.

“Saya sempat kaget dengar ada kebakaran lagi, tapi ternyata itu api sisa dari kebakaran tadi,” kata Yuli warga Karang Balik yang rumahnya tidak jauh dari TKP.


Petugas PMK pun terus berupaya melakukan pemadaman hingga pukul 03.00 dini hari. Dan dilanjutkan proses pendinginan hingga pagi harinya.

Kepala  BPBD Tarakan, Hariyanto menjelaskan sebagian besar barang-barang material yang berada didalam toko Metro Jaya mudah terbakar. Seperti bahan karet, plastik dan sintetis. Hal itulah yang membuat petugas PMK sempat kewalahan mengatasi si jago merah tersebut.

“Api sulit dipadamkan karena material yang terbakar dari toko Metro tersebut tergolong mudah terbakar. Secara kimiawi memang mudah sekali terbakar sehingga kami harus terus melakukan penyiraman dan pendinginan, kalau tidak dilakukan api bisa menjalar dan mengancam bangunan sekitar yang lain,” ungkap Hariyanto kepada Radar Tarakan.

Selain itu, pada malam harinya angin kencang menjadi pemicu sehingga membuat api tetap menyala. “Jadi karena ada angin kencang dan masih ada bara-bara api yang disebabkan material yang belum habis terbakar membuat api menyala lagi,” jelasnya.

Pasca kebakaran, kata Hariyanto, TKP memang tidak bisa ditinggalkan begitu saja oleh petugas. Petugas harus tetap siap siaga untuk melakukan pendinginan-pendinginan seoptimal mungkin hingga titik nyala api tidak terbakar lagi.
“Kita tetap waspada, anak buah saya selalu monitor melalui Pos PMK Tarakan Barat,” terangnya.


Sebagai bahan evaluasi, Hariyanto berpesan kepada masyarakat agar ketika ada peristiwa kebakaran tidak memenuhi lokasi kejadian sehingga menyebabkan akses jalan terganggu.

“Saya berharap kalau ada kebakaran, ketika petugas akan melakukan operasi pemadaman dan penyelamatan, tolong lah memberikan akses yang seluas-luasnya kepada petugas pemadam kebakaran. Kalau dia tidak mau bantu paling tidak akses diberikan, jangan dibikin sempit jalan itu sambil menonton kan susah kaminya nanti,” harapnya menambahkan.

Sumber Kutipan :
Terbit Sabtu, 28 September 2013

LAYANAN PENGADUAN SETIAP HARI 1 X 24 JAM 
SATPOL PP KOTA TARAKAN : 
TELEPON (0551) 32492 
KIRIM SMS KE 081262118367 





BLOG INI DAPAT DIAKSES MELALUI
HANDPHONE (MOBILE VERSION)
KLIK DISINI : MOBILE VERSION

0 KOMENTAR ANDA:

BERITA SATPOL PP KOTA TARAKAN ..............

PERSEMBAHAN: BLOG SATPOL PP KOTA TARAKAN