----- SATUAN POLISI PAMONG PRAJA (SATPOL PP) KOTA TARAKAN, Alamat : Jalan Halmahera depan taman oval 1 ladang telp. / fax : (0551) 32492 Kel. Pamusian Kecamatan Tarakan Tengah, KOTA TARAKAN - KALIMANTAN UTARA (kodepos 77121). EMAIL : polppkotatarakan@gmail.com -----

Cari Blog Ini

Rabu, 21 September 2011

BERINGIN MEMBARA



Diperkirakan 70-an Unit Rumah Hangus

#POLPPTARAKAN_INFO :


Kawasan Pasar Beringin, Kelurahan Selumit Pantai, Tarakan Barat, Rabu (21/9) tadi malam sekitar pukul 20.00 Wita, kembali terbakar. Diperkirakan 70-an unit rumah dan kios serta satu masjid di dua RT (RT 3 dan RT 5) ludes dilalap api. Kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah dan ratusan Kepala Keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, namun ada 4 orang yang sempat dirawat di RSUD Tarakan.

Api diduga berasal dari sebuah rumah kosong di RT 5, yang penghuninya sedang bepergian. “Kebakaran terjadi pukul 8 malam, atau setelah salat isya. Pulang dari undangan, saya lihat api sudah menjalar ke rumah saya yang baru dibangun setahun lalu,” tutur Fitri, salah satu saksi mata.

Salah seorang saksi, Ryan mengatakan, api berasal dari rumah warga berisial Ham. “Memang rumahnya kosong, dan sering ditinggal untuk bekerja,” katanya. Ia menduga kebakaran karena korsleting listrik. Saat awal mula kebakaran, dirinya mengaku sedang beberapa meter dari titik awal kejadian. Tepatnya setelah mati lampu, api mulai menyala. Karena tidak ada penghuninya, api dengan cepat melumat rumah dua lantai berkontruksi kayu itu. Spontan ia bersama rekannya langsung berteriak meminta tolong  warga sekitar.

“Setelah beberapa saat api membesar dan dilakukan penyelamatan pertama, tabung gas yang berada dalam rumah Ham langsung meledak dan membuat warga sekitar terkejut,” terang pemuda 17 tahun ini. Setelah itu, warga sekitar berbondong-bondong untuk memadamkan api dengan alat seadanya dan mencoba untuk menyelamatkan barang-barang berharga sebelum dilalap api.

Kepala Kantor Pemadam Kebakaran Tarakan, Hariyanto SE kepada Radar Tarakan, tadi malam mengatakan, pihaknya mengerahkan 12 armada pemadam. “Hanya dua yang siaga di kantor. Kami juga dibantu mobil pemadam milik Dishutamben, Pertamina dan Medco E&P, pemadam Bandara Juwata, jajaran PDAM dan mobil tangki,” beber Hariyanto tadi malam. Selain itu, ada 7 ambulans yang disiagakan. Ia mengakui, dua anggotanya mengalami cedera ringan. “Ya, satunya keseleo yang satunya hanya kekurangan oksigen,” terangnya. Soal berapa rumah yang terbakar, ia mengaku belum bisa memprediksi. “Belum bisa dipastikan,” katanya.

Keganasan si jago merah baru dapat dijinakkan oleh tim Pemadam Kebakaran yang dibantu oleh beberapa petugas TNI/Polri beserta beberapa warga dalam waktu kurang lebih 2 jam setengah atau sekitar pukul 22.40 Wita. Warga yang rumahnya terkena musibah kebakaran ini pun terpaksa harus mengungsi ke keluarga dan kerabat dekat. Seperti yang dialami Aziz. Pria 40 tahun ini terpaksa harus menyelamatkan barang berharganya sementara waktu dipinggiran jalan Yos Sudarso depan toko Galaxi.

Rencananya, ia bersama 2 anak dan istri ini akan mengungsi dan menginap sementara ke rumah keluarganya dengan membawa beberapa barang yang sempat diselamatkan. “Rencananya akan ke rumah keluarga di Pasar Tenguyun sambil menunggu tumpangan,” ceriteranya.

Terpisah, Kepala Kepolisian Resor Tarakan Ajun Komisaris Besar Polisi Drs Agustinus Budi Prasetyo SH MH melalui Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Ajun Komisaris Polisi (AKP) Subarjo yang dikonfirmasi mengungkapkan perkiraan sementara ada 72 unit rumah yang terbakar. “Namun tidak menutup kemungkinan data rumah yang terbakar akan bertambah, karena rencananya besok (hari ini.Red) kita akan melakukan olah TKP. Saat ini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian,” kata Subarjo. Tadi malam juga, seorang pria yang diduga akan mencuri barang milik warga berhasil diamankan. “Dia mau mencuri barang yang diamankan warga. Laki-laki itu sudah diamankan pak polisi,” kata salah satu warga.  (ipk/sur/jnu/ iza)


SUMBER KUTIPAN :
Terbit Kamis, 22 September 2011

LAYANAN PENGADUAN SETIAP HARI 1 X 24 JAM 
SATPOL PP KOTA TARAKAN : 
TELEPON (0551) 32492 ATAU (0551) 5500655 
SMS (PESAN SINGKAT) KE (0551) 5500655 

BLOG INI DAPAT DIAKSES MELALUI HANDPHONE (MOBILE VERSION)
KLIK DISINI : MOBILE VERSION

0 KOMENTAR ANDA:

BERITA SATPOL PP KOTA TARAKAN ..............

PERSEMBAHAN: BLOG SATPOL PP KOTA TARAKAN